Cara Agar Tidak Sesak Nafas saat Memakai Masker | dkoutdoors.com Sudah beberapa bulan ke belakang ini, masyarakat diwajibkan untuk memakai masker sebagai bentuk kewaspadaan akan penyebaran virus Covid-19 yang tak kunjung usai. Meskipun begitu, banyak yang menganggap kalau memakai masker seharian sangat tidak nyaman dan menghambat pernapasan. Nah, sebenarnya, agar tidak sesak nafas saat pakai masker, kamu bisa mengikuti tips-tips yang telah kami rangkum lewat artikel di bawah ini. Simak ya! 

  • Kendalikan Cara Mengambil Nafas

Foto: unsplash

Cara yang paling mudah agar tidak sesak nafas saat pakai masker adalah mengendalikan pernapasan. Simpelnya sih, kamu bisa mengatur nafas dengan teknik 4-7-8. Maksud dari teknik ini adalah kamu bernafas selama 4 detik, tahan nafas selama 7 detik, lalu tarik nafas kembali selama 8 detik. Cara ini dianggap bisa membantu kamu memperlambat pernapasan serta  menguatkan otot-otot di dada dan perut supaya nafas kamu lebih efisien. 

 

  • Praktekkan Secara Bertahap

Trik lainnya agar tidak sesak nafas saat pakai masker adalah dengan cara membiasakannya. Jika kamu kerap merasa sesak ketika menggunakan masker saat bepergian, sebaiknya kamu coba biasakan juga penggunaan masker saat berada di dalam rumah dan tidak akan pergi ke mana-mana. Dengan cara ini, kamu akan lebih terbiasa untuk selalu mengenakan masker apapun kondisinya.

 

  • Sesuaikan Waktu Pemakaian Masker

Foto: unsplash

Kalau kamu tidak terbiasa memakai masker sebelumnya, usahakan untuk sesekali membuka masker untuk mengambil nafas. Sebab, kalau tidak, kamu akan merasa sesak. Nah, agar kamu bisa lebih leluasa bernafas, coba cari tahu lebih dahulu apakah tempat yang akan didatangi ramai atau tidak. Jika tempat yang kamu kunjungi tidak terlalu ramai, kamu tentu bisa membuka masker sejenak. Tapi, ingat, jika sudah selesai, jangan lupa untuk memakainya lagi, ya. Kita kan tidak pernah tahu apakah di tempat tersebut terdapat carrier atau tidak. 

 

  • Mengingat Tujuan Memakai Masker

Memang sih tidak sedikit dari kita yang mengeluh terkait penggunaan masker dalam kehidupan sehari-hari. Namun, mengingat situasi pandemi seperti ini, ingatlah bahwa kamu memakai masker bukan untuk kepentingan diri sendiri, akan tetapi juga untuk orang lain. Jadi, meskipun di satu sisi kamu merasa tidak nyaman ketika memakai masker, di sisi lain, kamu akan selalu teringat bahwa ada orang yang akan dirugikan jika kamu abai dan tidak mengenakan masker, khususnya saat berada di tempat umum. 

 

  • Cari Masker yang Tepat

Tidak setiap masker bisa bekerja dengan baik saat dipakai. Agar tidak sesak nafas saat pakai masker, kamu disarankan untuk menggunakan masker yang memang memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan masker lainnya yang dijual di pasaran. Apalagi, sekarang ini, masker dapat ditemukan dengan mudah di mana saja, bahkan di pinggir jalan sekalipun. Jadi, sebaiknya jangan memilih masker dengan asal-asalan, ya! 

DK Master Antivirus bisa jadi pilihan masker berkualitas yang kamu cari. Dengan memakai masker ini, kamu dan keluarga akan terlindungi dari penyebaran virus, khususnya Covid-19. Sebab, masker ini dilengkapi dengan teknologi terbaru antivirus dan antibakteri terbaru. Tak hanya itu saja, maskernya juga mampu menyaring udara kotor penyebab penyakit pernapasan. Nah, kamu bisa mendapatkan masker berkualitas ini di berbagai marketplace, seperti Shopee atau Tokopedia, atau langsung klik di sini untuk mempermudah proses pembelian. 

 

Sumber: Forbes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *