Cara Angkat Barbel Yang Benar | dkoutdoors.com Bagi orang yang masih awam, barbel menjadi peralatan yang paling disegani saat berada di gym. Berbeda dengan dumbell dan kettlebell, barbel adalah tingkatan paling tinggi dari keduanya. Ingin mencobanya? Tenang saja, kalau kamu mengetahui cara angkat barbel yang benar pasti akan menikmati prosesnya kok. Biar tidak salah angkat, yuk perhatikan dulu caranya di bawah ini:

  • Selalu Lakukan Pemanasan 

Foto: unsplash

Sebelum kamu mulai latihan angkat barbel, pastikan untuk tidak melewatkan pemanasan ya.  Lakukan setidaknya 5 menit agar otot lebih lentur. Kamu bisa melakukan pemanasan ringan dan membuat tubuh mengeluarkan sedikit keringat. Daripada otot menjadi tegang di tengah latihan, lebih baik melakukan pemanasan di awal, bukan?

  • Jangan Melengkungkan Punggung

Foto: unsplash

Cara angkat barbel yang tepat yang mesti dilakukan adalah punggung kamu tidak boleh melengkung saat mengangkatnya. Tak hanya itu saja, kamu juga tidak diperkenankan untuk meregangkan leher atau mengayunkan tubuh untuk menghasilkan momentum. Hal ini tidak hanya akan menyebabkan cedera, akan tetapi juga membuat latihan menjadi kurang efektif. Jadi, lakukanlah tahapan demi tahapannya sebaik mungkin, ya. 

  • Gunakan Berbagai Macam Gerakan

Ada beberapa cara angkat barbel yang dapat kamu ikuti yakni melakukan gerakan yang beragam. Hal ini dapat meningkatkan fleksibilitas kamu saat berlatih nanti. Namun, kamu juga tidak boleh terlalu melewati rentang gerak yang alami, karena takutnya bisa menyebabkan cedera pada sendi. Lakukanlah sewajarnya dan semampu kamu. 

  • Atur Pernapasan dengan Benar

Saat mengangkat barbel, hal yang tidak boleh kamu lupakan adalah mengambil dan membuang nafas dengan benar. Hanya saja, tetap lakukan sewajarnya dan jangan berlebihan, sebab pernapasan yang terlalu kuat bisa membuat kepala kamu menjadi pusing. Namun, jangan pula menahan napas, kecuali kamu adalah seorang pengangkat barbel kelas dunia. Sebab, hal terburuk yang akan kamu alami adalah tekanan darah bisa meningkat secara tajam dan bahkan bisa pingsan karena kekurangan udara.

  • Lakukan dengan Fokus

Meskipun kamu termasuk pemula dalam mengangkat barbel, sebisa mungkin tetaplah fokus pada keterampilan tertentu yang ingin kamu latih. Jika kamu berlatih di gym, ikuti step by step yang diinstruksikan oleh personal trainer. Jangan lupa juga untuk mengingatkan diri sendiri, otot mana yang ingin kamu perkuat. Jika kamu melakukannya dengan baik, hasilnya juga pasti akan maksimal loh. 

Saat berlatih cara angkat barbel, pakailah pakaian yang dapat mengontrol bau badan hormonal seperti DK Super Light Series dari DK Outdoor & Sports. Selain dapat menjaga kesegaran tubuh, keunggulan lain yang dimiliki oleh seri yang satu ini adalah desainnya yang sangat cocok untuk dipakai pada segala jenis aktivitas olahraga, baik indoor maupun outdoor. Klik di sini kalau kamu ingin membeli produknya.   

Sumber : Dummies

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *