Deretan Pelari Tercepat Dunia | dkoutdoors.com Nama Usain Bolt tentu tak asing lagi di telinga para pecinta olahraga lari. Bagaimana tidak, pelari dengan julukan “manusia tercepat di dunia” ini berhasil menciptakan rekor dunia di nomor 100 meter dengan catatan waktu 9.58 detik. Nah, setelah Bolt memutuskan untuk pensiun dari dunia lari pada tahun 2017 kemarin, kira-kira siapa ya yang bisa memecahkan rekornya? Berikut ini deretan calon pelari tercepat dunia pengganti Usain Bolt:

Foto : Wikimedia Commons (Fernando Frazão)

 

Christian Coleman

Foto : Wikimedia Commons (Erik van Leeuwen)

Atlet lari kelahiran 1996 ini merupakan peraih medali emas pada event 60 m di Kejuaraan Indoor Dunia IAAF 2018. Saat itu, Coleman berhasil menyelesaikannya dalam waktu 6.34 detik.

Pria asal Amerika Serikat ini kembali menorehkan prestasi di Kejuaraan Dunia 2019 dalam nomor 100 m putra dengan catatan waktu 9,76 detik. Catatan itu menjadi waktu terbaik pribadi bagi Coleman selama berkarir di dunia lari. Alhasil, Coleman tercatat sebagai orang tercepat keenam dalam sejarah, serta orang Amerika tercepat ketiga dalam sejarah.

 

Andre De Grasse

Foto : Wikimedia Commons (Filip Bossuyt)

Pelari asal Kanada ini memiliki catatan waktu terbaik IAAF 9.90 detik. Waktu tersebut De Grasse peroleh pada nomor 100 m putra Kejuaraan Dunia Doha 2019. 

Mengawali karir sebagai atlet profesional pada 2015, De Grasse langsung berhasil meraih medali perak dan perunggu di Olimpiade Rio 2016. Kemudian, pada ajang Stockholm Diamond League 2017, De Grasse berlari bak “dibantu angin” ketika ia berhasil menyelesaikan event 100 m dengan catatan waktu 9.69 detik. Hal ini membuat peluangnya untuk memecahkan rekor Bolt menjadi sangat tinggi.

 

Yohan Blake

Foto : Wikimedia Commons (Nick Webb)

Calon pelari tercepat selanjutnya adalah Yohan Blake. Saat ini, pria kelahiran 1989 itu menduduki posisi sebagai manusia tercepat ke-2 di dunia setelah Usain Bolt. Waktu terbaik pribadinya adalah 9.69 detik. Catatan tersebut ia raih pada tahun 2012.

Pelari Jamaika ini sebelumnya pernah meraih medali emas di Kejuaraan Dunia 2011 dengan catatan waktu 9.92 detik. Saat itu, Blake yang masih berusia 21 tahun dinobatkan sebagai juara dunia 100 m termuda yang pernah ada.

 

Justin Gatlin

Foto : Wikimedia Commons (Erik van Leeuwen)

Lahir pada tahun 1982, Gatlin memang berusia jauh lebih tua dari ketiga calon pelari tercepat sebelumnya. Dengan catatan waktu terbaik pribadi 9.74 detik, Gatlin menempati peringkat kelima dalam urutan atlet lari 100 meter tercepat sepanjang masa. 

Akan tetapi, Gatlin masih berpeluang untuk memecahkan rekor lari Usain Bolt. Bahkan, pada tahun 2006 lalu, Gatlin sempat menjadi pelari tercepat dan memecahkan rekor dunia dengan catatan waktu 9.76 detik, sebelum rekor tersebut akhirnya dipecahkan oleh Bolt.

Prestasi para pelari tercepat dunia tersebut tentu tak terlepas dari jersey yang mereka kenakan. Jersey yang dikenakan tentu sangat nyaman dan dapat melindungi pelari dari terik matahari. Kini, kamu bisa mendapatkan jersey dengan kualitas yang sama dengan mudah, lho. Kamu bisa memesan DK Daily Activewear dari DK Outdoor & Sports. Dilengkapi DK Fresh Tech dan DK Dry Tech, jersey ini akan menjaga tubuhmu tetap kering, adem, tidak bau, dan terhindar dari sinar UV. Ayo segera pesan melalui website, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Zilingo!

 

Sumber: Telegraph

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *