Manfaat Lari Saat Malam Hari dkoutdoors.com – Banyak orang biasanya memilih untuk berlari di pagi atau sore hari. Alhasil, tak sedikit yang menghindari malam hari karena menganggapnya sebagai waktu yang kurang baik untuk berolahraga. Padahal, lari saat malam juga memiliki banyak manfaat lho, mulai dari meningkatkan kualitas tidur hingga menghilangkan stress. Berikut ini adalah 4 manfaat lari saat malam yang harus kamu ketahui.


  1.   Meningkatkan Kualitas Tidur

Mungkin kamu merasa khawatir bahwa berolahraga larut malam akan membuatmu lebih sulit untuk tertidur. Kenyataannya, berlari saat malam dapat meningkatkan kualitas tidurmu. Sebuah studi dari University of South Carolina menemukan bahwa 97 persen orang yang berolahraga dengan intensitas tinggi di malam hari merasakan kualitas tidur mereka menjadi lebih baik daripada ketika berolahraga di siang hari. Kenaikan suhu tubuh yang disertai dengan olahraga dapat meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, berlari juga melancarkan tekanan darah dan pergerakan otot, yang membuatmu merasa lebih rileks saat akan tidur.


  1.   Membantumu Berlari Lebih Cepat

Manfaat lari saat malam yang kedua adalah membantumu berlari lebih cepat. Saat malam, kamu tidak akan merasakan banyak distraksi sehingga kamu bisa lebih fokus mengejar target larimu. Kamu juga akan lebih terbiasa dengan ritme dan waktu tubuhmu. Para peneliti di University of Essex menemukan bahwa orang-orang yang berlari di malam hari merasa seolah-olah berlari lebih cepat dibandingkan pada saat siang hari.


  1.   Menghilangkan Kepenatan

Manfaat lari saat malam yang selanjutnya adalah menghilangkan kepenatan. Lari saat malam bisa menghilangkan rasa penat setelah seharian beraktivitas. Berlari saat malam membantumu melepaskan segala ketegangan, frustasi, atau stres yang kamu alami sepanjang hari. Berlari dapat menurunkan tekanan darah, meredakan ketegangan otot, meningkatkan rasa tenang,  serta melepaskan endorfin yang meningkatkan suasana hati kamu dan mengurangi stress. Hal ini akan membuat pikiranmu terasa lebih jernih dan santai.


  1.   Tubuhmu Lebih Siap Berolahraga

Saat bangun tidur, otot dan persendian tubuh cenderung lebih kaku, tidak fleksibel, dan tegang. Maka dari itu, lari di malam hari mungkin bisa kamu coba. Seringkali, menjelang malam, suhu tubuhmu menjadi lebih hangat. Ini karena kamu sudah seharian beraktivitas, sehingga otot-ototmu juga sudah terbiasa bergerak. Selain itu, kamu memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan pemanasan sebelum berlari di malam hari.

Itulah manfaat lari saat malam hari. Hal lain yang harus kamu perhatikan jika akan lari di waktu malam adalah faktor keamanan. Jangan berlari menggunakan earphone dan usahakan membawa telepon selularmu untuk mengabari keluarga atau temanmu saat kamu berlari. Pastikan juga kamu menggunakan perlengkapan yang tepat. Kamu bisa memakai Running Jersey dari DK Outdoors & Sports yang dilengkapi dengan 3 HeiQ Technologies dari Swiss sehingga menjaga badanmu tetap adem, tidak bau, dan terhindar dari sinar UV. Kamu bisa mendapatkan Running Jersey DK Outdoor & Sport di Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan Zilingo atau install DK Outdoors Apps di ponselmu.

Sumber : Chatelaine, Healthline, RunSociety

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *