Perbedaan Zumba Atau Senam Aerobik | dkoutdoors.com Jika kamu berpikir apakah zumba dan senam aerobik adalah jenis olahraga yang sama, sebaiknya pertimbangkan kembali. Memang, kedua olahraga ini memiliki persamaan dan perbedaan yang cukup tipis. Walaupun begitu, kamu tetap harus menyesuaikan pemilihan antara zumba atau senam aerobik dengan goals tertentu yang ingin kamu capai. Jadi, mau tahu perbedaannya? Yuk, simak perbandingannya di bawah ini: 

  • Pola Latihan yang Diterapkan

Foto: unsplash

Salah satu perbedaan mencolok yang akan kamu temukan saat memilih zumba atau senam aerobik adalah pola latihan dan koreografinya. Saat kamu mengikuti latihan aerobik, biasanya ada beberapa urutan langkah yang dilakukan secara berulang. Sedangkan ketika latihan zumba, terdapat lebih banyak lagi urutan langkah yang harus diikuti dengan gerakan yang lebih intens. Jadi, dari segi koreografi, sudah jelas perbedaannya. 

 

  • Cara Instruktur Melatih

Foto: unsplash

Bingung ingin mengikuti kelas zumba atau senam aerobik? Hal berikutnya ini juga perlu kamu pertimbangkan. Instruktur yang mengajar dua kelas ini memiliki cara berkomunikasi yang tidak sama. Ketika kamu mengikuti kelas aerobik, instruktur akan menggunakan mikrofon untuk memberikan petunjuk gerakan. Lain cerita dengan kelas aerobik. Biasanya, instruktur akan memberi aba-aba gerakan dengan berteriak. Nah, dalam kelas zumba, instrukturnya tidak akan banyak berteriak, karena sudah menggunakan isyarat non-verbal. 

 

  • Gerakan yang Dilakukan

Zumba dan senam juga memiliki perbedaan dari segi gerakan dan kompleksitasnya. Kelas aerobik biasanya akan difokuskan pada gerakan yang mirip dengan latihan fisik. Akan tetapi, pada kelas zumba, kamu tidak akan menemui gerakan yang spesifik. Sebab, gerakannya akan disesuaikan dengan lagu yang diputar. Inilah mengapa banyak orang kini lebih menyukai zumba dibandingkan dengan senam. Namun, semua kembali pada pilihanmu! 

 

  • Perkembangan Otot

Pola latihan zumba dan aerobik juga akan menghasilkan dampak yang berbeda terhadap perkembangan otot. Gerakan senam aerobik umumnya meliputi penggunaan beban yang dapat membantu perkembangan otot. Lain cerita dengan zumba. Olahraga ini tidak akan banyak membantu dalam membangun otot tubuh, namun tetap dapat diandalkan untuk membentuk badan. Sebab, gerakan pada zumba biasanya akan lebih melelahkan jika dibandingkan dengan senam. 

 

  • Proses Menurunkan Berat Badan

Apabila kamu bertanya manakah di antara zumba atau senam aerobik yang bisa membakar lemak lebih banyak, keduanya memiliki porsi yang berbeda. Setiap kamu mengikuti kelas zumba selama satu jam, akan ada sekitar 300 sampai 900 kalori yang dibakar. Sementara itu, untuk kelas senam aerobik, dalam 1 jam melakukannya, kamu dapat membakar sekitar 450 sampai 660 kalori. 

Jadi, sudah tahu mana pilihan kamu? Jika sudah mendapatkan pencerahan, ada satu hal lagi nih yang tidak boleh terlewatkan, yaitu memakai pakaian yang nyaman saat berolahraga. DK Super Light Series dari Duraking Outdoor & Sports adalah pilihan yang tepat buat kamu. Selain dilengkapi dengan teknologi Anti UV UPF 50+, outfit ini senantiasa membuat badan pemakainya tetap segar. Sebab, teknologinya didesain khusus untuk bisa mengontrol bau badan hormonal akibat olahraga. Dapatkan produknya di sini kalau kamu penasaran dengan keunggulannya. 

 

Sumber: Activif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *