Tips Lari Saat Cuaca Panasdkoutdoors.com Lari biasanya memang lebih baik dilakukan di pagi atau sore hari. Namun, karena beberapa keadaan, kamu kadang harus melakukan lari di siang bolong, saat cuaca sedang terik-teriknya. Nah, kamu perlu persiapan ekstra untuk berlari saat cuaca panas. Berikut ini yang perlu kamu perhatikan ketika harus lari di bawah cuaca yang terik.

Via Unsplash

  • Persiapkan Minuman Berenergi

Saat cuaca terik, tubuh akan mengeluarkan keringat lebih banyak dari biasanya. Maka dari itu, lari di siang hari bisa menyebabkan dehidrasi. Untuk mencegah terjadinya hal ini, kamu harus bawa minuman berenergi supaya bisa mengembalikan ion tubuh kamu yang hilang selama berlari. Usahakan jangan langsung meneguk habis minuman yang kamu bawa, tapi minumlah sedikit demi sedikit saat kamu merasa lelah.

  • Gunakan Tabir Surya

Sunscreen atau tabir surya adalah hal yang wajib kamu pakai jika ingin berlari saat cuaca panas. Perhatikan kandungan tabir surya yang kamu pilih. Setidaknya, sunscreen harus memiliki SPF 30 atau lebih. Fungsinya untuk menghalau sinar matahari agar tidak langsung mengenai kulit. Aplikasikan tabir surya ke seluruh tubuh, terutama yang tidak tertutup pakaian, seperti wajah, telapak tangan, dan kaki. Kamu gak pengen kan malah terkena sunburn ketika lari di bawah terik matahari?

  • Pilih Tempat yang Terbaik

Via Unsplash

Jika kamu ingin jogging saat cuaca terik, pilihlah tempat yang penuh dengan pohon rindang. Ini supaya kamu punya banyak spot untuk berteduh. Upayakan juga memilih tempat yang jauh dari jalan raya, untuk menghindari terkena polusi.

  • Intensitas Lari yang Tidak Terlalu Tinggi

Jangan lupa, keselamatan kamu sangat penting. Jadi, ketika harus berlari saat cuaca panas, usahakan jangan terlalu hard on yourself. Larilah dengan intensitas ringan, mungkin dimulai dengan jalan santai, kemudian berakhir dengan jogging. Lari cepat dengan derap langkah yang panjang tidak dianjurkan dilakukan saat cuaca sedang panas. Potensi dehidrasi yang tinggi saat cuaca panas, ditambah aktivitas yang berlebih, malah akan membawa dampak buruk bagi kamu.

  • Gunakan Topi dan Pakaian yang Tepat

Ketika kamu akan lari di bawah sinar matahari, jangan lupa sediakan topi. Aksesoris kepala ini akan melindungi kepala dan wajahmu dari paparan langsung terik matahari. Akan tetapi, jika tidak memilih bentuk yang tepat, topi malah bisa mengganggu aktivitas berlarimu. Maka, pakailah topi khusus untuk berlari.

Pakaian juga tak kalah pentingnya. Kamu harus memilih bahan pakaian yang dapat menyerap keringat berlebih yang muncul karena berlari di tengah terik matahari. Pakaian yang kamu pilih juga harus dapat mendinginkan suhu tubuh kamu yang akan meningkat ketika berlari. Nah, semua syarat-syarat tersebut bisa kamu dapatkan di Running Jersey dari DK Outdoor & Sports, lho! Selain memiliki banyak fungsi, jersey ini juga punya banyak pilihan warna. Coba aja langsung kamu kepoin di e-commerce kesayangan kamu, ya!

Sumber: CNN Indonesia, Fimela, Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *